Game Diplomasi

Dari ciptaan Allan B. Calhamer lima puluh tahun yang lalu pada tahun 1959, Permainan Diplomasi bisa menjadi permainan papan tertua yang bertahan, kecuali untuk catur, dan terus direkayasa ulang untuk memenuhi tuntutan para pemain di Milenium Kedua.

Berlatar arena di Eropa, game ini bisa dimainkan oleh dua hingga tujuh pemain. Tujuh negara terwakili dalam permainan seperti itu selama Perang Dunia I tersebut. Permainan papan adalah peta reproduksi Eropa dengan memasukkan beberapa bagian Afrika Utara dan Timur Tengah. Terdapat 56 wilayah daratan, dimana 14 wilayah daratan netral dan 42 wilayah daratan terbagi di antara tujuh negara adidaya Austria-Hongaria, Inggris, Prancis, Jerman, Italia, Rusia dan Turki. Perlu Anda ketahui juga bahwa terdapat 19 wilayah laut yang setiap pemainnya memiliki dua unit militer, yaitu armada angkatan darat (darat) dan angkatan laut (laut).

Anda akan terkejut mengetahui bahwa Permainan Diplomasi tidak memiliki bidak permainan yang lebih mungkin memberi Anda beberapa peluang untuk menang seperti sepasang dadu. Tidak ada unsur keberuntungan. Anda harus bergantung pada keterampilan “diplomatik” Anda sendiri dan bagaimana pemahaman anda tentang apa itu diplomasi.

Musim semi 1901 adalah musim pembukaan untuk memulai pertandingan. Di setiap tahun, setiap pemain membuat dua gerakan – satu untuk Musim Semi dan satu lagi untuk Musim Gugur. Anda mengatur dua unit militer Anda (tentara dan armada angkatan laut) ke posisi di papan dengan opsi berikut: pindah ke wilayah yang berdampingan, dukung unit sekutu untuk menyerang di wilayah yang berdampingan, mendukung unit sekutu untuk mempertahankan wilayahnya, atau ke berpegang pada posisinya saat ini. Anda hanya perlu menulis “perintah” untuk menginstruksikan unit militer Anda. Di setiap belokan, hasil dari instruksi Anda ditentukan oleh aturan Permainan Diplomasi.

Permainan biasanya dimulai dengan negosiasi dimana pemain dapat membentuk aliansi baik secara diam-diam maupun terbuka. Kemudian, setiap pemain secara diam-diam menuliskan gerakannya dan kemudian, semua pemain membuka “perintah” mereka. Seorang pemain bisa kehilangan atau mendapatkan supply center. Pemain dengan unit suplai lebih banyak dapat membangun pusat suplai baru dan pemain lain dengan unit lebih sedikit harus “bubar”. Setiap pemain yang tidak memiliki pusat pasokan akan dieliminasi sementara pemain dengan 18 atau lebih dari 34 pusat pasokan memenangkan Permainan Diplomasi!

Anda akan didorong untuk memainkan permainan papan ini karena ini lebih merupakan permainan berpikir dan pemain dapat menjadi sekutu atau lawan kapan saja. Idenya adalah agar Anda mengantisipasi dan memprediksi gerakan pemain lain. Sesederhana itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *